Resiko Serangan Jantung Meningkat Pasien DM dengan Stress

Bukti terbaru yg dipublikasikan RS Umum Psikiati menyebutkan sebanyak 1,5 resiko kematian meningkat pada pasien DM disertai stres. Sebanyak 20% pasien di US DM tipe 1/2 meninggal karena serangan jantung.
DM adalah penyakit yg ditandai dengan meningkatnya gula darah baik dalam keadaan puasa maupun setelah makan disertai berbagai kelainan metabolik akibat gangguan hormon yg menimbulkan berbagai komplikasi yaitu mata, ginjal, saraf, pembuluh darah, disertai luka pada kulit.

Karena gangguan metabolik ini tentu saja membuat tekanan darah cepat naik. Bila ditambah stress malah akan memperburuk tekanan darah, serangan jantung pun tak terhindarkan. Memang depresi pada pasien DM tidak terhindarkan. Selain mereka berpikir bagaimana kelangsungan hidup mereka, mereka juga harus pintar menjaga pola makan mereka. Belum luka yg membusuk, ketergantungan suntikan insulin, dan komplikasi penyakit lainnya.

Bila kita mau melihat lebih jauh lagi masih banyak penderita DM yg bisa survive sampai tua walaupun ada anggota badan yg hilang. Yang terpenting adalah taati nasehat dokter, jaga pola makan, olahraga teratur, dan positif thinking. Kesehatan itu kita ciptakan sendiri 😀

sumber: sciencedaily.com
Mansjoer, Arief dkk. 2001. Kapita Selekta Kedokteran. Jakarta:Media Aesculapius.

Iklan

Perkembangan Otak Janin Abnormal karena Bumil Obesitas

Studi yg dilakukan Institut Penelitian Ibu dan Bayi di Tuft Medical Center Boston terhadap 16 ibu hamil (bumil) terdiri dari 8 obesitas dan 8 normal menunjukkan bahwa janin dari bumil dengan obesitas mengalami perkembangan otak yg buruk dibandingkan bumil normal.

Mungkin bukan hal yg mengagetkan bila bumil mengalami obesitas saat hamil, tetapi hasil studi ini memberikan kita alarm agar kita waspada dan berhati2.

Diharapkan bumil menjaga kesehatannya dan memantau kenaikan berat badannya agar tidak obesitas. Dengan pola makan yg sehat, olahraga ringan seperti senam hamil diharapkan dapat menjaga kesehatan mereka. Kenaikan BB bumil normalnya antara 7 kg-14 kg. Oleh karena itu jangan pernah berpikir bumil gemuk gizi bayi berlimpah.

Sumber: sciencedaily.com

Yang Paling Sering dilakukan Pasangan

Sean Horan asisten Prof. Univ Depaul jurusan komunikasi mengatakan mencium, memeluk, dan memegang tangan tidak tampak semanis kelihatannya. Tetapi ini merupakan sikap yg dilakukan pasangan untuk menutupi perasaan mereka yg sebenarnya. Mereka juga melakukannya agar terhindar dari situasi yg buruk, dan agar mereka tidak malu terhadap pasangannya.

Salah satu responden mengaku dia sebenarnya tidak ingin memeluk pasangannya, tetapi akhirnya dia memeluknya. Responden lain bilang aku cinta padamu agar telponnya segera ditutup sehingga dia bisa segera menonton pertandingan basket.

Hal ini sebenarnya tidaklah buruk dilakukan. Mereka juga tidak pernah berpikir menggunakan kasin sayang untuk menutupi perasaannya. Kenyataannya bukankah ini bagus untuk mempertahankan sebuah hubungan :D,, tetapi kalau masih wajar ya kebohongannya, hehehe

sumber: sciencedaily.com

Alat Penyembuh Kanker

Sapa yg gak kaget liat berita di TV RCTI ada orang mantan pengidap kanker otak sembuh dengan gunain alat. Wah…. Penemuan besar tuh. Warsito tangerang, begitu katanya nama dari penemu ini. Dr Warsito Purwo Taruno, adalah ketua umum masyarakat ilmuwan dan teknologi indonesia. Sudah menciptakan banyak alat salah satunya dibeli nasa, dan mulai menciptakan alat penyembuh kanker terinspirasi dari kakaknya yg divonis terkena kanker.

Alat ini diberi nama ECCT. Dibantu 20 orang staf dan ahli kanker dari UGM dan Dharmais. Setelah diuji coba 1/3 jaringan kanker mati dalam 3 hari… Wow. Hebat ya, tapi memang benar sih dari segi medis alat ini belum diakui soalnya kan medis sendiri belum nemuin obat yg benar2 bisa nyembuhin kanker. Tapi secara radiologi penemuan ini udah terbukti.

Alat ini termasuk murah. Biaya terapi 4-9 juta tergantung kankernya. Alat dibuat 2 mg s/d 1 bulan sesuai kankernya, bentuknya tadi pas liat kaya pakean dalam permainan hanggar. Lama pemakaian ditentuin ma tim fisika medis edwar teknologi. No tlpn (021)5529929 / 5529930. Atau bisa ngliat link ini http://cancerinstrument.blogspot.com/2012/01/cara-mendapatkan-alat-ecct-electro.html

Moga berguna buat mereka yg mengidap kanker. Tidak ada salahnya berusaha kan. Penemuan ini juga yg buat orang yg profesional di bidangnya. Udah punya nama di dunia internasional.Buat mereka yg kurang biaya buat kemo, penemuan ini bisa bantu mereka.

Sumber: kompasiana.com
RCTI

Bahaya Mengalami Hiperemesis Gravidarum Trimester 2

Biasanya hiperemesis gravidarum (HG) normal terjadi di usia kehamilan (UK) muda, khususnya trimester (TM) 1. Ini terjadi karena pengaruh dari HCG (Hormone Chorionic Gonadotropin), atau dikenal sebagai hormon kehamilan. Tahukah anda ternyata kalau HG terjadi di trimester 2 berbahaya buat si baby. Baby beresiko KMK (Kecil Masa Kehamilan) dan plasenta akan terganggu seperti terjadinya penyumbatan.

Studi ini dimonitori oleh The Swedia Medical Birth dengan melihat register ibu yg menjalani pengobatan karena HG dan resiko terjadinya gangguan plasenta pada tahun 1997-2009 dibanding ibu hamil tanpa HG. Studi ini dilakukan dengan melihat resiko yg terjadi pada TM 1 dan TM 2. Gangguan plasenta yg diamati penyumbatan plasenta, janin mati dalam kandungan (UK >28 mg), dan KMK.

Hasilnya pada TM 1 ada peningkatan resiko preeklamsi dibanding bumil normal, tetapi tidak ada kaitannya dengan gangguan plasenta atau KMK. Terjadi peningkatan resiko pada TM 2. Dua kali peningkatan resiko prematur karena preeklamsi 0,6% vs 1,4%. Tiga kali lipat penyumbatan plasenta 0,4% vs 1,1%. Sebanyak 39% resiko meningkatnya KMK 2,4% vs 4%. Tidak ada kaitannya HG dengan kematian janin dalam kandungan.

Untuk bumil yg mengalami HG harus mulai waspada dengan melihat studi ini. Lebih baik bumil sering konsultasi ke SPOG sehingga lebih cepat mendapatkan penanganan tepat.

Sumber: sciencedaily.com

Angkringan

Warung pinggir jalan atau yg lebih dikenal dengan angkringan sangat populer dikalangan remaja daerah ponorogo dan madiun jawa timur. Buat buka sebuah angkringan cuman dibutuhin gerobak, tikar yg digelar di teras pinggir jalan. Cukup sederhana memang, tapi sensasinya itu lho enak banget. Duduk di pinggir jalan ma temen2, ngobrol sambil liat orang lalu lalang naik motor, ditemani secangkir kopi atau teh. Minumannya bisa panas atau dingin, belum lagi makanannya, bikin ngiler deh. Gorengan, ceker ayam bakar atau kepala ayam bakar,, nyam nyam,, neomu masita >.<.

Tapi yg bikin miris sekarang banyak banget angkringan plus2. Dah pada berani lagi buka2an ke publik. Sekarang banyak mbak2 yg seksi seksi jualan di angkringan. Nggak jual minuman atau makanan ja, tubuhnya juga dijual 😦

Mulai jual paha, dada (kaya ayam ja ya :p wkwkwkwk). Kaya ceritanya temenku nih, di salah satu perempatan kecamatan ponorogo, 'walau cuman minum secangkir kopi bayarnya juga tetep mahal. Apalagi kalau kenal ma mbaknya, waduh tambah mantep, bisa megang seluruh tubuh mbaknya'.

What???? Waduh waduh benar2 rusak nih anak2 jaman sekarang. Katanya mbaknya servis ini dibuat sengaja biar pelanggannya banyak. Omo…… Ngelus dada aku. Tinggal kesadaran kita masing2 nih kalau gini. Harusnya mereka ingat PMS sekarang merajalela, daerah ponorogo dan madiun kan banyak ODHAnya.

Bukan Hanya Permen Karet Xylitol yg Mencegah Gigi Berlubang

Di iklan2 permen karet kan banyak tuh yg ngomong kalau makan permen karet ini bisa mencegah terjadinya lubang pada gigi. Biasanya permen karetnya yg mengandung xylitol katanya bisa nyegah itu lubang gigi.

Peneliti AS melakukan penelitian buat buktiin kegunaan permen karet dengan xylitol dibanding permen karet biasa. Hasilnya ternyata orang yg makan permen karet biasa dan yg makan permen karet xylitol sama2 giginya bagus alias lubang gigi bisa dicegah.

Nah dengan hasil penelitian ini kan kita gak termakan ma yg namanya iklan. Toh hasilnya sama aja ma yg biasa. Yg pasti buat nyegah gigi berlubang jangan makan makanan manis, rajin gosok gigi, jangan lupa ke dokter gigi 2X setahun.

Sumber: nytimes.com