Vitamin D Tidak Mengobati Osteoarthritis (Rematik)

Osteoarthritis (OA) atau yg kita kenal rematik adalah penyakit sendi yg ditandai kerusakan dan hilangnya kartilago artikular. Biasanya orang yg sudah tua pada sering ngeluh entah lututnya yg sakit atau pangkal paha yg sakit. Biasanya diberi pengobatan obat2an kalau masih ringan dan operasi kalau sudah parah.

Ada yg bilang kalau minum suplemen vitamin D bisa mencegah OA atau mengurangi nyeri pada lutut. Tapi penelitian terbaru yg dipublikasikan di jurnal AS minggu lalu menyebutkan konsumsi vitamin D tidak efektif untuk mengurangi nyeri OA.

Penelitian ini dilakukan dengan 2 sampel, 1 sampel minum vitamin D, sampel yg satu minum plasebo. Hasilnya terjadi pengurangan nyeri lutut pada 2 sampel, tetapi massa tulang atau hilangnya kartilago(tulang rawan) tidak ada perubahan.

Hal ini membuktikan memang benar konsumsi vitamin D dengan dosis tinggi dapat mengurangi nyeri sendi, tetapi OA yg sebenarnya belum benar2 terobati. Sebaiknya bagi mereka yg kena OA berkonsultasi dulu dengan dokter spesialis pengobatan apa yg lebih tepat. Karena faktor penyebab OA banyak mulai dari usia >45 tahun, obesitas, olahragawan, pekerja keras, pernah patah tulang, otot paha yg lemah.

Sumber: nytimes.com
wikipedia.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s