Warna Baju Saat Bertanding Berkaitan dengan Kadar Testosteron Tubuh

Entah kenapa seragam atlit itu kebanyakan berwarna merah. Seperti tiger woods, dia juga menggunakan seragam berwarna merah. Seperti ada daya tarik tersendiri bagi kaum adam untuk memilih baju berwarna merah. Ternyata dari hasil penelitian yg dipublikasikan oleh ilmuwan psikologis Daniel Farrely bahwa pria yg cenderung memilih baju berwarna merah saat sedang bertanding mempunyai kadar testosteron yg tinggi dibanding pria yg memilih baju berwarna biru.

Testosteron adalah hormon yg terdapat pada laki-laki yg berfungsi sebagai pembentuk sperma dan mempengaruhi pertumbuhan fisik pada laki-laki seperti jakun, jenggot, kumis, dll.

Penelitian ini dilakukan terhadap 73 pria. Mereka diberitahukan bahwa ada pertandingan dan disuruh untuk memilih baju berwarna merah atau biru, dimana mereka tidak diberitahu tujuan penelitian ini. Mereka juga diberikan kuesioner tentang alasan pemilihan warna tsb.

Tes dilakukan dengan menguji air ludah sebelum dan setelah dilakukan pertandingan. Hasilnya menunjukkan bahwa pria yg memilih baju berwarna merah mempunyai kadar testosteron lebih tinggi, dan lebih berkarakter seperti mendominasi dan keagresifan dibanding mereka yg memilih baju berwarna biru.

Sumber: sciencedaily.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s