Resiko Serangan Jantung Meningkat Pasien DM dengan Stress

Bukti terbaru yg dipublikasikan RS Umum Psikiati menyebutkan sebanyak 1,5 resiko kematian meningkat pada pasien DM disertai stres. Sebanyak 20% pasien di US DM tipe 1/2 meninggal karena serangan jantung.
DM adalah penyakit yg ditandai dengan meningkatnya gula darah baik dalam keadaan puasa maupun setelah makan disertai berbagai kelainan metabolik akibat gangguan hormon yg menimbulkan berbagai komplikasi yaitu mata, ginjal, saraf, pembuluh darah, disertai luka pada kulit.

Karena gangguan metabolik ini tentu saja membuat tekanan darah cepat naik. Bila ditambah stress malah akan memperburuk tekanan darah, serangan jantung pun tak terhindarkan. Memang depresi pada pasien DM tidak terhindarkan. Selain mereka berpikir bagaimana kelangsungan hidup mereka, mereka juga harus pintar menjaga pola makan mereka. Belum luka yg membusuk, ketergantungan suntikan insulin, dan komplikasi penyakit lainnya.

Bila kita mau melihat lebih jauh lagi masih banyak penderita DM yg bisa survive sampai tua walaupun ada anggota badan yg hilang. Yang terpenting adalah taati nasehat dokter, jaga pola makan, olahraga teratur, dan positif thinking. Kesehatan itu kita ciptakan sendiri😀

sumber: sciencedaily.com
Mansjoer, Arief dkk. 2001. Kapita Selekta Kedokteran. Jakarta:Media Aesculapius.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s