Janin Belajar Bahasa dalam Kandungan

Christine Moon, professor psychology di Pacific Lutheran University, mengatakan bahwa bayi dalam kandungan sudah mulai belajar bahasa dari suara ibunya. Penelitian ini dilakukan pada bayi usia kehamilan 6/7 bulan. Kemudian Moon melakukan penelitian terhadap bayi baru lahir dengan menggunakan bahasa inggris dan swedia. Saat bayi mendengar suara, mereka akan merespon dengan menghisap dot yg telah tersambung pada komputer dan menghasilkan bunyi vokal.
Patricia Kuhl, Endowed Chair for the Bezos Family Foundation for EarlyChildhood Learning and Co-Director ofthe University of Washington’s Institute for Learning and Brain Sciences melakukan test terhadap bayi baru lahir dengan menggunakan 17 bunyi bahasa asalnya dan 17 bunyi bahasa asing. Para peneliti tertarik dengan berapa lama dan seringnya mereka menghisap dot dan menciptakan bunyi suara vokal. Para bayi diteliti di dua tempat RS yaitu Stockholm dan Tacoma. Bayi yg diteliti lebih banyak menghisap dot saat mendengar bahasa asing. Ini menunjukkan bahwa bayi baru lahir mempelajari bahasa saat dalam kandungan.

Kemudian test dilakukan di Tacoma dan Swedia. Empat puluh bayi ditest di Tacoma, 40 bayi di Swedia. Bayi berumur 7-75 jam setelah lahir. Test menggunakan bunyi vokal karena lebih menonjol dan sering digunakan. Studi ini menunjukkan bahwa mereka mempunyai kapasitas untuk belajar dan mengingat bahasa dasar mereka dari ibu selama 10 minggu kehamilan (sensor dan mekanisme otak untuk mendengar saat usia kehamilan 30 minggu).

Kuhl mengatakan studi sebelumnya bahwa janin dapat mengingat ritme musik, dan dengan studi ini menunjukkan bahwa janin dapat belajar bagian kecil dari bahasa.

Sumber: sciencedaily.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s