Misoprostol, Pencegah Perdarahan Post Partum

Peneliti menemukan pemberian misoprostol tablet setelah melahirkan membantu mencegah perdarahan post partum (setelah melahirkan) pada wanita dengan persalinan di rumah. Penelitian yg dipublikasikan oleh International Journal Obstetric and Gynaecology ini didukung bukti yg kuat pada negara India dan Pakistan.

Sebanyak 800 ibu meninggal karena komplikasi kehamilan dan persalinan. Mayoritas faktor penyebab pada negara berkembang adalah perdarahan post partum. Dr Bilal Avan, koordinator peneliti dari IDEAS, an evaluation project at the London School of Hygiene & Tropical Medicine mengatakan karena kurangnya tenaga yg ahli, dan buruknya fasilitas kesehatan misoprostol dapat digunakan untuk persalinan di rumah sebagai obat pencegah terjadinya perdarahan post partum.

Tetapi ada efek negatif dari pemberian misoprostol ini, biasanya terjadi demam dan menggigil pada ibu yg meminumnya. Walaupun begitu penelitian lebih lanjut diperlukan karena tidak diketahuinya efek samping dari misoprostol ini terhadap bayi ataupun terhadap ibu.

Sumber: sciencedaily.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s