Gangguan Bipolar Meningkatkan Resiko pada Kehamilan dan Persalinan

Meningkatnya resiko kehamilan & kelahiran bayi prematur lebih sering terjadi pada ibu dengan gangguan bipolar / depresi mania yaitu perubahan perasaan yg ekstrim dari mania(kebahagiaan) menjadi depresi(kesedihan) & sebaliknya yg terjadi bisa berhari2, minggu, atau bulan. Pengobatannya biasanya dengan mengonsumsi litium, antikonvulsan atau antipsikotik untuk menjaga perasaan ibu menjadi stabil.
Peneliti sebelumnya berpendapat ada efek pengobatan gangguan bipolar terhadap kehamilan dan komplikasi pada bayi. Sehingga peneliti dari univ. Upsala dan institut karolina di swedia melakukan penelitian pada ibu dengan gangguan bipolar baik dengan pengobatan atau tanpa pengobatan.
Data diambil dari 3 register kesehatan nasional. Mereka mengidentifikasi 320 ibu dengan pengobatan bipolar dan 554 ibu tanpa pengobatan. Ibu dengan pengobatan ataupun tidak dibandingkan dengan semua kelahiran 331.263 antara 1 juli 2005 dan 31 september 2009. Hasil beragam karena berbagai faktor antara lain usia ibu, BB, merokok, pengguna alkohol / obat penghilang rasa sakit akibat gangguan.
Ibu dengan gangguan bipolar lebih sering merokok, obesitas, pengguna alkohol & obat2an daripada ibu tanpa gangguan bipolar.
Ibu gangguan bipolar dengan pengobatan atau tidak resiko tinggi melahirkan dengan sc, melahirkan dengan alat(vakum/forsep), dan persalinan tidak spontan / alami : 37,5% ibu dengan pengobatan, 30,9% tanpa pengobatan, 20,7% pada ibu lain. Ibu gangguan bipolar dengan pengobatan atau tidak 50% resiko tinggi melahirkan prematur dibanding dengan ibu tanpa gangguan bipolar (8,1% ibu dengan pengobatan, 7,6% tanpa pengobatan, 4,8% ibu lain).
Ibu gangguan bipolar tanpa pengobatan lebih sering melahirkan bayi dengan mikrosepali(ukuran kepala kecil) dan hipoglikemi (rendahnya gula darah dalam darah) dibanding dengan ibu tanpa bipolar.

Sumber : sciencedaily.com
wikipedia.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s