Perkiraan Menopause Wanita Berdasar Faktor Ibu

Setiap wanita pasti mengalami menopause. Baru2 ini dilakukan penelitian yg berhubungan dengan menopause pada ibu dan jumlah telur di ovarium anak perempuannya. Penelitian dilakukan dengan 2 metode antara lain melihat level Anti Mulerian Hormone (AMH) dan Antral Follicle Count (AFC) terhadap anak perempuannya dan melihat usia menopause ibu mereka. Peneliti menemukan bahwa AMH & AFC berkurang cepat pada wanita dg ibu menopause awal(55 thn).
Penelitian dg sampel 527 wanita bekerja di univ. RS Copenhagen, berusia 20-40 thn dimana usia menopause ibu mereka telah diketahui. Mereka dibagi menjadi 3 kategori yaitu dg ibu menopause awal usia 55 thn, setelah melihat faktor2 yg dapat mempengaruhi hasilnya seperti KB, merokok, umur, dan BMI, hasilnya berturut2 ibu menopause awal, normal, terlambat yaitu 8,6%, 6,8%, dan 4,2% dimana level AMH mengalami pengurangan. Hasil yg sama juga terlihat pada AFC dimana berturut2 sebanyak 5,8%, 4,7%, dan 3,2% mengalami pengurangan. Peneliti juga menemukan terjadinya pengurangan level AMH & AFC lebih rendah pada pemakai KB oral dibanding mereka yg tidak kb yaitu 27,3% dan 26,8%.
Penelitian sebelumnya menunjukkan diperlukan selang waktu selama 20 thn mulai dari masa subur sebelum wanita siap menjadi menopause. Jadi wanita yg mengalami menopause usia 45 thn kemungkinan mengalami pengurangan kesuburan pada usia 25 thn. Dapat diambil hipotesis bahwa kemungkinan kesuburan wanita tergantung dari faktor ibu.
Penelitian ini masih belum sempurna dan harus ditindaklanjuti lagi dengan meneliti AMH wanita sampai mengalami menopause.

Sumber: sciencedaily.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s