Olahraga Meningkatkan Kualitas Semen

Semen adalah cairan yg keluar bersama dengan sperma. Pada pria biasanya kualitas semen akan berkurang pada usia 50 tahun. Diantara berbagai faktor, hal ini juga terjadi karena faktor dari luar, alkohol, dan merokok.
Oleh karena itu, penelitian dilakukan dengan melihat hubungan antara kualitas sperma dan gaya hidup laki-laki. Penelitian dipublikasikan di Jurnal Fisiologi Eropa, laki-laki yg melakukan latihan fisik mempunyai level hormon lebih baik dan proses pembentukan sperma lebih sehat pada gonad. Analisa dengan melihat parameter kualitatif sperma seperti volume ejakulasi, jumlah sperma, mobilitas dan bentuk sperma. Selain itu juga melihat hormon FSH, LH, testosteron, kortisol dan juga rasio.
Penelitian dilakukan pada 31 pria, dihasilkan bahwa pria yg aktif melakukan kegiatan fisik mempunyai semen yg lebih baik, juga ditemukan perbedaan hasil pada parameter seminologi dimana bertambahnya kecepatan dan bentuk sperma, FSH, LH, testosteron dan juga rasio.
Pada tahun 2010, penelitian dilakukan terhadap olahraga kaum elit seperti pemain waterpolo dan triathletes, ditemukan bahwa mereka mempunyai kualitas sperma lebih buruk dibandingkan dengan pria aktif latihan fisik.
Adanya penelitian ini semakin menegaskan pentingnya olahraga bagi pria. Selain olahraga bagus buat kesehatan tetapi juga bagus untuk vitalitas.

Sumber : sciencedaily.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s